Gejala Kanker Penis
Kanker penis, gejala kanker penis, St. Stamford Modern Cancer Hospital Guangzhou

Keganasan kanker penis berasal dari kepala penis, sulkus koroner dan kulup intraplate mukosa serta kulit penis. Merupakan tumor ganas yang paling umum, lebih dari 90% tumor penis bersifat ganas. Jenis patologi yang paling umum adalah karsinoma sel skuamosa penis, menempati angka sekitar 95%. Oleh karena itu, kanker penis hampir sering menjadi identik dengan karsinoma sel skuamosa penis, yang menyebabkan semua orang mengabaikan jenis lain dari kanker penis. Menurut WHO tahun 2004, klasifikasi histologi keganasan epitel penis dalam patologi penis terbagi menjadi karsinoma sel skuamosa, karsinoma sel merkel, neuroendokrin karsinoma sel kecil, karsinoma sebaceous, karsinoma sel jernih dan karsinoma sel basal. Penyakit bowen dan paget berkaitan dengan lesi prakanker. Sebenarnya 2 jenis penyakit ini merupakan jenis khusus dari kanker penis.

Sebenarnya banyak pasien dengan gejala kanker penis stadium lanjut yang masih tidak paham, ada yang hanya mendengar dari orang lain. Oleh karena itu, banyak pasien yang dikarenakan salah mengerti, sehingga menunda masa pengobatan dan menyebabkan penyakit semakin memburuk. Jadi, apa saja gejala kanker penis stadium lanjut?

Jika anda menderita kanker penis, mungkin anda mengalami satu atau lebih dari gejala di bawah ini:

1. Penebalan kulit penis

2. Bagian kulup(kulit khitan) ketat, menipis, mengkilap

3. Muncul papula, bisul, kutil dan sebagainya di bagian penis ataupun bagian kulup, jika disentuh bisa terasa nyeri.

4. Muncul bisul yang berkepanjangan

5. Bagian kulup sering mengeluarkan nanah dan sekresi yang berbau

6. Bagian kulup dan phimosis penis tidak bisa bergerak, ketika dipegang bagian kulut terdapat benjolan, nodul dan terasa nyeri.

7. Nyeri saat buang air kecil, tidak lancar, tidak dapat menahan kencing ataupun dapat terjadi fistula(koneksi abnormal) kandung kemih.

8. Penurunan berat badan, anemia, dan kehilangan nafsu makan

9. Terdapat benjolan kelenjar getah bening di inguinalis (pangkal paha).

Ketika muncul penebalan kulit penis, ataupun gejala seperti bagian kulup menipis, mengkilap dan gejala lainnya, segeralah ke rumah sakit terdekat untuk melakukan pemeriksaan, lakukan DRE-Digital rectal examination (Pemeriksaan Colok Dubur), Pemeriksaan Bimanual, dan jenis pemeriksaan lainnya, untuk mendiagnosa penyakit. Jika ditemukan benjolan di bagian kulup penis, nyeri saat buang air kecil, tidak lancar dan gejala lainnya, segera ke rumah sakit untuk melakukan pemeriksaan pencitraan. Jika gejala yang dialami cukup parah sebaiknya melakukan biopsi untuk mengetahui lebih jelasnya.

Jika anda mengalami gejala-gejala di atas, bisa jadi anda menderita kanker penis, tetapi bisa juga disebabkan oleh penyakit lainnya. Modern Hospital Guangzhou menyarankan anda untuk segera mencari pengobatan yang tepat, melakukan pemeriksaan yang tepat, sehingga bisa dideteksi dan didiagnosa sejak dini.


Kesehatan organ intim kaum pria telah menjadi perhatian banyak orang, dan munculnya kanker penis menjadi ancaman kesehatan kesehatan bagi masyarakat. Disarankan setiap dari kita memiliki pemahaman, agar terhindar dari penyakit dan faktor yang merugikan. Ahli St. Stamford Modern Cancer Hospital Guangzhou telah member penjelasan tentang gejala awal kanker penis. Kami berharap penjelasan di atas dapat membantu anda semua, sehingga dapat pulih secepatnya.



Untuk pertanyaan lebih lanjut, anda dapat menghubungi kami via online, email atau telepon. Untuk info-info terkini, anda dapat mengunjungi Facebook dan Youtube kami.
Konsultasi kanker via telp
Hubungi : 0812 978 978 59