Diagnosis Kanker Kandung Kemih

Bagi anda yang berusia diatas 40 tahun dan sering mengalami hematuria, waspadai kemungkinan adanya tumor di bagian saluran kemih, khususnya kanker kandung kemih. Lakukan pendiagnosaan awal dengan menggabungkan riwayat penyakit pasien, riwayat keluarga, gejala dan pemeriksaan fisik, serta melakukan pemeriksaan lebih lanjut.

Kanker kandung kemih adalah tumor ganas yang sering ditemukan pada bagian saluran kemih, saat ini menjadi ancaman besar bagi kesehatan banyak orang.

Kanker kandung kemih, diagnosa kanker kandung kemih, St. Stamford Modern Cancer Hospital Guangzhou

METODE DIAGNOSA KANKER KANTUNG KEMIH

1. Pemeriksaan rutin

Pemeriksaan urin rutin, untuk melihat ada tidaknya sel darah merah didalam urin. Ini adalah cara satu-satunya untuk mendeteksi hematuria. Dengan mudah ini kita bisa mendeteksi kanker kantung kemih secara dini. Pemeriksaan ini dapat juga digunakan untuk populasi beresiko tinggi.

2. Sitologi Urin

Sitologi Urin adalah salah satu metode yang paling mudah untuk pendeteksian kanker kantung kemih. 85% dari pemeriksaan sitologi urin menunjukan adanya kanker kantung kemih.

3. Angiography

Pemeriksaan angiography berguna untuk mendapatkan gambaran lebih jelas tentang pembuluh-pembuluh di ginjal dan ureter. Gambaran untuk mendeteksi ada tidaknya hidronefrosis, infiltrasi saluran kemih, dan sejauh mana infiltrasi pengisian kantung kemih dan infiltrasi tumor.

4. Cystocopy + Biopsi

Dengan menggunakan cystocopy dapat melihat pertumbuhan kanker, lokasi, ukuran, jumlah, bentuk. Kombinasi dengan biopsi menjadi cara diagnosa paling akurat.

5. USG

Sewaktu kantung kemih penuh, dinding mukosa kantung kemih akan merenggang. USG dapat mengukur lokasi, tumor dan tingkat infiltrasi mukosa. Scan USG dapat menunjukan deformitas di dinding kantung kemih dan ada tidaknya massa di rongga kantung kemih.

6. CT Scan

CT scan dapat menunjukan bentuk, ukuran tumor di dinding atau di rongga kantung kemih. Tingkat akurasinya bisa mencapai 80%.

Di atas merupakan penjelasan tentang metode pendiagnosaan kanker kandung kemih. Jika anda masih memiliki pertanyaan lain, para ahli onkologi St. Stamford Modern Cancer Hospital Guangzhou siap menjawab setiap pertanyaan anda. Jika anda terdiagnosa kanker kandung kemih, jangan merasa tertekan atau stress, anda harus tetap memiliki psikologis yang baik. Aktif bekerja sama dengan dokter dalam menjalani pengobatan dan terus berjuang supaya dapat lekas sembuh.


Untuk pertanyaan lebih lanjut, anda dapat menghubungi kami via online, email atau telepon. Untuk info-info terkini, anda dapat mengunjungi Facebook dan Youtube kami.
Konsultasi kanker via telp
Hubungi : 0812 978 978 59