Pasien Luar Negeri Telah Jatuh Cinta pada Budaya China “Membungkus Bakcang, Lomba Festival Dragon Boat”

Modern Cancer Hospital Guangzhou, Pasien kanker

Perlombaan membungkus bakcang yang menegangkan pun dimulai

  Hari raya festival dragon boat dirayakan dengan makan bakcang merupakan adat tradisional masyarakat China. Untuk memeriahkan budaya festival dragon boat yang jatuh pada tanggal 13 Juni 2015 ini, Modern Cancer Hospital Guangzhou mengadakan sebuah acara yang megah ” Mencium aroma bakcang, memahami budaya”. Selain makan bakcang, masih ada acara tradisional rakyat lainnya yang dapat dicoba seperti lomba dragon boat, melukis telur dan masih bisa melanturkan doa, harapan dan kesehatan di bawah pohon khusus. Sebanyak 60 lebih pasien yang berasal dari Indonesia, Vietnam, Filipina, Bangladesh, Thailand,dll bersama-sama dengan rakyat setempat ikut memeriahkan acara tersebut, merasakan pesona budaya hari raya tradisonal China.

  Lomba makan bakcang, melupakan kegelisahan

  Siang harinya , di pukul 10.00 para pasien dan keluarga pasien telah berkumpul di area acara. Pihak rumah sakit khusus mengundang seorang guru yang terampil membungkus bakcang untuk mengajari mereka bagaimana cara membungkus bakcang. Melalui penerjemah, “murid” yang berasal dari luar negeri dengan sungguh-sungguh mengikuti setiap gerakan membungkus bakcang dari “guru”. “ lomba di mulai !” seiring perintah dari pembawa acara, para peserta lomba langsung menekuk daun bakcang, memasukan nasi, telur dan kacang-kacangan. Ada peserta yang sangat terampil membungkus bakcang, berbagai macam bahan bakcang seolah-olah menari diantara jemari-jemari, dengan gerakan yang sangat cepat membuat pandangan mata menjadi kacau balau. Ada pasien yang sedang belajar dengan serius, tahap-tahap membungkus kelihatan sangat mudah , namuni pada kenyataannya tidak lah semudah yang dilihat.

  Setelah lomba berakhir, berdasarkan perhitungan jumlah, kecepatan, kualitas dan keindahan, maka dipilih juara 1, juara 2 , juara 3, dan juara terbaik. Seorang pasien kanker payudara asal Indonesia berkata: “ saya sangat senang mengikuti acara ini, saya sangat bosan setiap hari di rawat inap, namun dengan adanya acara ini selain dapat memperbanyak komunikasi antara suster dan pasien juga dapat membuat saya melupakan kegelisahan!”

Modern Cancer Hospital Guangzhou, Pasien kanker

Shanti, pasien asal Indonesia menampilkan lagu

  Acara spektakuler , melupakan kesepian

  Setelah itu, acara masih dimeriahkan dengan lomba “dragon boat”, permainan ini membutuhkan 4 orang dalam 1 tim dengan mengandalkan kecepatan mencapai titik finish. “Semangat! Cepat maju!”suara gemuruh menyelimuti seluruh ruangan acara, ketua tim memberikan kode tahapan menggayuh perahu hingga maju kedepan. Beberapa perahu saling kejar-mengejar mendahului sehingga membuat acara semakin meriah. “Perlombaaan dragon boat ini sangat kreatif, dimana rasa dari kekompakan yang dibutuhkan tim untuk bisa maju sampai kedepan sangat lah menyenangkan.” Seorang pasien peserta memperkenalkan dirinya dan keluarganya mengikuti perlombaan ini, ”acara kali ini membuat saya merasakan kepedulian dan pelayanan pihak rumah sakit, sehingga membuat kita yang jauh dari kampung halaman tidak merasakan kesepian”.

 Pasien mengikuti pertandingan 'Drgaon Boat'

  Setelah melalui satu per satu perlombaan yang mengasah otak dan tenaga, pihak rumah sakit mengatur pihak sukarelawan melukis telur dan menempatkannya kemudian diberikan kepada pasien. Setelah itu membawa pasien dan keluarga berdoa mengucapkan harapan dan doa di bawah pohon khusus, berharap keluarga dan diri sendiri sehat dan sejahtera.

  Setelah acara berakhir, setelah selesai memasak bakcang pihak rumah sakit membagikan kepada semua pasien di rumah sakit. Sehingga pasien yang tidak bisa mengikuti acara pun bisa menyicipi kelezatan aroma bakcang.

Modern Cancer Hospital Guangzhou, Pasien kanker

Lukisan telur yang dibuat pasien

  Memperkuat komunikasi, meringankan tekanan batin

  Wang Huaizhong selaku kepala Modern Cancer Hospital Guangzhou menyatakan bahwa penyelenggaraan acara perlombaan membungkus bakcang bukan semata-mata menguji kemampuan jumlah bakcang yang terbungkus, tetapi dengan mengambil kesempatan ini membuat semua pasien dapat berkumpul bersama-sama merasakan suasana kemeriahan hari raya ini, dimana membuat pasien dari luar negeri juga dapat merasakan sendiri pesona dari kebudayaan tradisional China.

  Pada umumnya tekanan batin pasien sangat berat, sehingga dapat mengakibatkan sikap pesimis, ketakutan dan suasana hati yang tegang yang dapat mempengaruhi hasil dari pengobatan. Pasien kanker yang bersosialisai mengikuti acara ini pada umumnya mendapatkan kepercayaan diri dan tenaga yang lebih, fokus mereka juga akan terahlikan dan baik untuk pemulihan penyakit. Sejenis acara budaya perlombaan festival dragon boat ini dapat memperkaya semangat hidup pasien, meringankan tekanan batin pasien dan dapat membantu memperkuat komunikasi antara suster dan pasien. Sehingga dapat dengan benar memahami budaya masing-masing, dapat memajukan dan mempengaruhi hubungan persahabatan antar luar negeri.

Modern Cancer Hospital Guangzhou, Pasien kanker

 Pasien mengikuti pertandingan 'Drgaon Boat' 

Untuk pertanyaan lebih lanjut, anda dapat menghubungi kami via online, email atau telepon. Untuk info-info terkini, anda dapat mengunjungi Facebook dan Youtube kami.
Konsultasi kanker via telp
Hubungi : 0812 978 978 59 | 0878 556 556 99 | 0813 1888 5166
Konsultasi
WA