Menolak Kemoterapi? Metode Minimal Invasif Berikan Pilihan Pengobatan Baru bagi Lansia dengan Kanker Paru Stadium IV!
+  -

kanker paru, pengobatan kanker paru, St. Stamford Modern Cancer Hospital Guangzhou, Cryosurgery, Intervensi, Minimal Invasif

Sudarman Upa

Pertama kali bertemu Sudarman Upa adalah di kamar rawat rumah sakit. Lansia yang usianya hampir menginjak kepala 6 ini segera keluar dari rumah sakit. Pagi-pagi ia membereskan barangnya, mengganti pakaiannya, lalu dengan bahagia duduk di samping ranjang dan berbincang-bicang dengan putranya. Ia memiliki suara yang nyaring, tawa yang hangat, dalam sekejap membuat orang bingung: sebenarnya yang manakah pasien yang mau dikunjungi hari ini?

Setelah basa-basi singkat, saya mendapatkan banyak informasi mengenai lansia ini: Sudarman Upa, asal Makassar, Indonesia, adalah seorang dosen negeri. Ia yang tadinya sehat, sama sekali tidak terpikirkan akan mengidap kanker. Setelah terdiagnosis kanker, ia yakin kemoterapi sistemik bukanlah satu-satunya pilihan pengobatan. Secara kebetulan, ia menjadi pasien kanker di lantai lima St. Stamford Modern Cancer Hospital Guangzhou.

Sudarman Upa beragama Kristen, ia percaya semua adalah takdir. “Bulan Agustus 2018, setelah didiagnosis kanker, saya pergi ke Singapura, Penang dan kota lainnya. Namun pada akhirnya saya tertarik oleh teknologi pengobatan kanker paru yang ada di Youtube, terutama setelah profesor kalian yang ada di kantor perwakilan Jakarta menjelaskan metode pengobatan kanker paru, saat itu muncul rasa optimis,” Sudarman Upa bercerita dengan gembira sambil mengingat masa-masa sebelum datang ke rumah sakit.

kanker paru, pengobatan kanker paru, St. Stamford Modern Cancer Hospital Guangzhou, Cryosurgery, Intervensi, Minimal Invasif

Sebelum Pengobatan

Tingkat keganasan kanker paru sangat tinggi. Faktor-faktor seperti kondisi fisik pasien, opsi pengobatan, apakah pengobatan memenuhi standar, dan metode pengobatan seperti apa yang dipilih, faktor-faktor ini secara serius akan mempengaruhi kelangsungan hidup dan kualitas hidup pasien kanker paru pada tahap selanjutnya.

Meskipun kanker paru sudah stadium IV, namun kenyataan membuktikan, pilihan pengobatan lansia yang bijaksana ini sangat tepat.

Bulan September 2018, awal masuk rumah sakit, Sudarman Upa mengalami batuk parah dan sesak napas jika mengangkat barang. Hasil pemeriksaan CT scan menunjukkan tumornya berukuran 12.7 x 6.6 cm.

“Sejujurnya, di Indonesia saya belum pernah mendengar metode Intervensi dan Cryosurgery sebelumnya. Pengobatan kanker paru di Indonesia sampai saat ini masih dengan kemoterapi sistemik, saya menolak itu. Saya tahu terlalu banyak informasi mengenai efek samping kemoterapi sistemik, saya tidak ingin menerima risiko tersebut. Jika rumah sakit ini mempunyai metode pengobatan lainnya dan begitu banyak pasien kanker paru asal Indonesia yang sudah berhasil diobati, saya bersedia mencobanya,” tutur Sudarman Upa sambil mengenang kondisinya saat baru masuk ke rumah sakit.

Hasil dari mencoba teknologi baru ini membuat Sudarman Upa, keluarga dan temannya bahagia.

kanker paru, pengobatan kanker paru, St. Stamford Modern Cancer Hospital Guangzhou, Cryosurgery, Intervensi, Minimal Invasif

Sesudah Pengobatan

Setelah menjalani Intervensi yang pertama, tumor di paru saya mengecil 90%,. Setelah menjalani Intervensi yang kelima, tumor hanya tersisa 4%. Saat ini saya sudah menjalani tujuh kali Intervensi dan satu kali Cryosurgery, hasil pemeriksaan medis terbaru belum keluar, namun saya berharap tumornya sudah hilang semua!” Membicarakan hal ini, Sudarman Upa dan keluarga tertawa dengan bahagia.

Intervensi adalah peningkatan kemoterapi sistemik. Obat dimasukkan langsung melalui aorta penyuplai darah untuk proses embolisasi dengan konsentrasi obat yang tinggi, membunuh sel kanker sampai tuntas, efektif. Bagi pasien kanker paru stadium lanjut, terutama yang tidak berani atau tidak bisa menjalani operasi dan kemoradioterapi, metode ini dapat menjaga sel normal sekaligus membunuh sel kanker sampai mati. Metode ini semakin menjadi pilihan utama dalam pengobatan.

Hasil pengobatan pada setiap pasien berbeda-beda tergantung oleh kondisi masing-masing, informasi ini digunakan sebagai referensi saja, bukan untuk patokan akhir pengobatan pasien lain. Jika Anda ingin mendapatkan informasi pengobatan secara langsung, Anda dapat melakukan konsultasi online atau menghubungi kami di 0812 9789 7859. Kami dengan senang hati membantu Anda. Terimakasih.
Konsultasi kanker via telp
Hubungi : 0812 978 978 59