Gejala Kanker Kelenjar Thyroid

  Kanker tiroid, gejala, St. Stamford Modern Cancer Hospital Guangzhou

Kanker tiroid kanker jaringan tiroid yang hampir 20 tahun kejadian tumor ganas dari entitas yang paling cepat berkembang, dengan tingkat pertumbuhan tahunan rata-rata 6,2%.

Kanker tiroid umumnya dibagi menjadi kanker tiroid dibedakan (karsinoma tiroid papiler karsinoma tiroid dan folikel), kanker tiroid kurang dibedakan (karsinoma tiroid meduler dan karsinoma dibedakan), di samping itu, ada beberapa keganasan langka, seperti limfoma tiroid, tiroid dan tiroid karsinoma sel skuamosa metastasis. Mereka semua memiliki gejala klinis yang berbeda, spesialis dari Modern Cancer Hospital Guangzhou akan melakukan rincian untuk Anda.

1. Adenokarsinoma Papiler

Merupakan jenis kanker tirois yang paling umum, sekitar 70% kanker tiroid merupakan jenis kanker ini, memiliki ukuran yang bervariasi. Umumnya dapat berdiferensiasi dengan baik dan memiliki tingkat keganasan yang rendah. Jaringan kanker bertekstur lunak dan rapuh, berwarna merah tua; tetapi pada pasien dengan usia lanjut, jenis kanker ini cenderung bertekstur keras dan berwarna pucat. Pada pusat jenis kanker ini terdapat gelembung, gelembung berisi cairan berdarah. Kadang-kadang dapat terjadi pengapuran pada jaringan kanker, dan permukaanya menyerupai pasir.

2. Karsinoma Tiroid Folikuler

Jenis kanker ini lebih sedikit ditemukan, hanya sekitar 20% kanker tiroid yang memiliki jenis ini, menempati urutan kedua setelah adenokarsinoma papiler. Usia rata-rata pasien dengan jenis kanker ini cenderung lebih tua dibandingkan dengan jenis sebelumnya. Sebagian besar pasien akan menemukan benjolan kelenjar tiroid, kanker akan berkembang lebih cepat, bertekstur medium, tidak memiliki tepi yang jelas, permukaan tidak licin dan memiliki pergerakan lebih cepat. Setelah kanker menginvasi jaringan sekitar tiroid, akan muncul gejala suara serak, dan pada sebagian pasien akan muncul gejala metastasis.

3. Karsinoma Tiroid Meduler

Sekitar 2%-5% kanker tiroid merupakan jenis ini. Pada sebagian besar pasien, saat pertama kali terdiagnosa, tiroid tidak terasa sakit, terasa keras, serta terjadi pembengkakan pada kelenjar getah bening lokal. Jika kanker menyerang bagian kerongkongan, dapat menyebabkan suara menjadi serak. Pemeriksaan USG tidak hanya dapat memberi informasi tentang ukuran, letak dan jumlah kanker, tetapi juga dapat melihat kondisi di sekitarnya.

4. Kanker Tiroid Anaplastik

Menempati angka 5% dari seluruh jenis kanker tiroid. Biasanya menyerang pasien berusia menengah ke atas, dan sebagian besarnya merupakan kaum pria. Benjolan bertekstur keras dan tidak teratur, bersifat tetap, tumbuh dengan cepat dan dapat menyebar ke kelenjar tiroid dengan cepat. Biasanya dapat menyusup ke bagian trakea, otot, saraf dan pembuluh darah dalam waktu singkat, serta menyebabkan kesulitan menelan dan bernapas. Tumor di bagian lokal bisa menimbulkan rasa nyeri. Di bawah mikroskop dapat terlihat kumpulan sel yang tidak berdiferensiasi dengan baik, pleomorfik, dan umum ditemukan mitosis.

Ahli onkologi St. Stamford Modern Cancer Hospital Guangzhou, Peng Xiaochi menuturkan, dikarenakan gejala awal kelenjar tiroid yang tidak terlalu nyata, jika anda menemukan gejala-gejala di atas, segeralah melakukan pemeriksaan di rumah sakit, untuk mencegah waktu pengobatan terbaik.


Untuk pertanyaan lebih lanjut, anda dapat menghubungi kami via online, email atau telepon. Untuk info-info terkini, anda dapat mengunjungi Facebook dan Youtube kami.
Konsultasi kanker via telp
Hubungi : 0812 978 978 59